Gya Anandini Hardono

Gya Anandini Hardono
This is my Blog

Tuesday, December 8, 2009

GoodBye dial - Up ....

Dulu sekitar tahun 2004 saya menggunakan dial up internet connection sebelum saya putuskan untuk mengganti internet connection saya dengan Broadband pada tahun 2008. 
Dial up connection adalah Menghubungkan Computer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Awalnya saya menggunakan koneksi Dial up TelkomNet instan dengan bayaran Rp.165/menit dengan kecepatan 56 kbps. Awalnya saya menggunakan Telkomnet instan karena pada waktu itu saya belum mengatahui secara detail tentang macam-macam koneksi internet, oleh sebab itu saya memanfaatkan koneksi internet yang bisa saya gunakan secara langsung melalui line telefon.



Menggunakan Dial up connection jelas memiliki Kelebihan dan kekurangan yaitu:

·  Kelebihan:
    1. tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran dan biaya   bulanan. 
      Anda hanya dikenakan tagihan Internet jika menggunakannya.
    2. dial-up adalah jaringan yang luas. Asalkan sudah terpasang telepon, 
      kita dapat menggunakan akses ini
·   
     Kekurangan:

1.    Harga yang masih relatif mahal dengan kecepatan akses yang tidak stabil 
      dan sangat   bergantung pada beban percakapan di jaringan telepon.



Dan saya mulai berfikir untuk mengganti koneksi internet saya dari menggunakan Dial up menjadi menggunakan Broadband. Dan saya memilih Netzap. Untuk mejadi pelanggan Netzap anda hanya diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan  petugas Netzap akan menguhubungi anda untuk proses pemasangan modem. Dan saya memilih paket langganan dengan kecepatan 2.2 Mbps dengan batasan/kuota Unlimited. Dan dengan paket seperti itu saya hanya dikenakan biaya Rp 395.000/bulan belum termasuk Ppn 10%.  Serta saya harus membayar biaya deposit modem sebesar Rp500.000. Serta biaya pemasngan sebesar Rp.75.000,-



Berikut adalah fitur fitur Kelebihan Netzap:

1.   Kecepatan 2.2 Mbps

2.   Setiap paket tidak membatasi ukuran paket data yang di-download 
     alias tidak ada kuota atau unlimited.

3.   NetZAP menyertakan booster untuk mendongkrak kualitas penerimaan 
     sinyal dan memercepat koneksi.
Menggunakan internet koneksi Broadband juga memiliki  Kelebihan dan kekurangan, yaitu:




   Kelebihan

1.   Kecepatan transfer yang biasa dijanjikan oleh servis broadband 
     adalah sampai   sekitar 128 Kbps atau lebih

2.   Dengan biaya yang tidak terlalu besar, Anda bisa menjalankan 
     berbagai macam aplikasi bandwidth.

·      Kekurangan

1.  Coverage area dari broadband connection sering menjadi kelemahannya, 
    Area  coverage dari teknologi ini memang belum bisa terlalu luas 
    karena memang ada keterbatasan teknis.





Untuk saya, fungsi internet yaitu sebagai sumber belajar dan mencari informasi yang bermutu saya dapat mengerjakan assignment kuliah yang saya miliki dengan mudah dan praktis. Internet juga berguana sebagai alat komunikasi yang murah antara saya dengan teman-teman saya pada saat Membahas case tentang kuliah maupun hal lainnya dibandingkan menggunakan ponsel/telephone yang akan membuat pulsa saya membengkak! hehe.. . 


Dan berdasarkan perbandingan dua koneksi diatas saya lebih memilih koneksi internet broadband. Karena koneksi internet Broadband memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan koneksi internet Dial Up. Sehingga itu dapat memperlancar proses  belajar saya.tapi semuanya tergantung anda, tetapi saya merasa anda semua merasakan hal yang sama dengan saya Broadband connection it's faster and cheaper =)

No comments:

Post a Comment